Arsitektur komputer merukapan konsep struktur pengoprasian dasar dan
perancangan sistem komputer. Konsep perancangan dalam bidang komputer
ialah sistem komputer yang memberikan deskripsi fungsional dan rancangan
cetak biru pada bagian perangkat keras yang memang di desain melalui
kecepatan proses dan sistem informasi interkoneksi, masing-masing bagian
yang lebih disenergikan melalui proses jalannya CPU yang bekerja dan
dibantu dalam pengaksesan data dari memory chance, RAM, ROM, dan cakram
keras serta jenis perangkat pendukung lainnya.
- 1950 -1960 : Arsitektur komputer adalah suatu komputer aritmatik
- 1970 – pertengahan 1980 : Arsitektur komputer adalah suatu desain instruksi untuk suatu kompiler
- 1990 : Arsitektur komputer adalah suatu bentuk desain CPU, sistem memori, sistem I/O, multiprosesor dan network komputer
- 2010 : Arsitektur komputer : suatu sistem yang dapat beradaptasi sendiri, struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri, sistem DNA
Arsitektur Komputer adalah desain komputer yang
meliputi :
- Set instruksi
- Komponen hardware
- Organisasi atau susunan sistemnya
Ada 2 bagian pokok arsitektur komputer :
- Instructure Set Architecture
Spesifikasi yang
menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer
- Hardware System Architacture
Meliputi subsistem
hardware dasar yaitu CPU, Memor dan I/O system
Cara untuk melakukan perubahan pada arsitektur :
- Membangun array prosesor
- Menerapkan proses pipelining
- Membangun komputer multiprosesor
- Membangun komputer dengan arsitektur lain.
Kriteria
mesin Von Neumann :
- Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah I/O sistem
- Merupakan stored-program computer
- Menjalankan instruksi secara berurutan
- Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
Pada
tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya
yaitu :
- Jumlah prosesor
- Jumlah program yang dapat dijalankan
- Struktur memori
Ada
beberpa faktor yang mempengaruhi keberhasilan arsitektur komputer, tiga
diantaranya adalah :
- Manfaat Arsitektural
- Kinerja Sistem
- Biaya Sistem
Ada
empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat
arsitekturalnya yaitu :
- Aplicability
- Maleability
- Expandibility
- Comptible
Komponen- komponen arsitektur komputer
- Input (Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer yang berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.
- Pemroses Pemroses sebuah komponen komputer yang bekerja untuk mengolah data yang masuk kedalam komputer.
- Penyimpanan Penyimpanan sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data baik sementara atau selamanya.
- Output (Keluaran) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Struktur Kognisi Manusia
Kognitif
teori menaruh beban dengan kompleksitas menggunakan construck tunggal:
elemen interaktivitas (Sweller, 1994). Sebuah elemen adalah segala
sesuatu yang perlu dipahami dan dipelajari, jika elemen berinteraksi,
mereka tidak dapat dipahami secara terpisah sedangkan unsur-unsur
non-berinteraksi dapat dipahami dan dipelajari secara independen satu
sama lain. Jika banyak elemen berinteraksi, unsur interaktivitas yang
tinggi; jika beberapa berinteraksi, unsur interaktivitas rendah. Tingkat
beban kognitif instric depand sepenuhnya pada tingkat unsur
interaktivitas. Dengan kata lain, kompleksitas intrinsik informasi yang
seorang pelajar mencoba untuk mengasimilasi ditentukan oleh tingkat
unsur interaktivitas.
kognitif manusia dapat dicirikan sebagai sistem pengolahan informasi
alami. Setiap sistem pengolahan informasi yang dapat ditemukan di alam
adalah sistem pengolahan informasi alami. Evolusi melalui seleksi alam
adalah salah satu sistem sucs seperti sistem kognitif hewan apapun.
Prinsip-prinsip tersebut adalah:
1. Prinsip-prinsip menyimpan informasi. Sistem informasi alam termasuk
menyimpan informasi yang menentukan semua aktivitas dengan aktivitas
acak execption.
2. keacakan sebagai prinsip-usul. Informasi di toko dapat diubah secara
acak mengusulkan perubahan disingkirkan. Prinsip ini adalah sumber awal
dari semua informasi di toko sistem pengolahan informasi alami.
3. Batas-batas sempit prinsip perubahan. Semua perubahan ke toko oleh
perubahan acak harus relatif kecil untuk ukuran toko untuk memastikan
bahwa fungsional dari toko dipertahankan.
4. Prinsip pinjaman. Perubahan yang lebih besar untuk toko dapat terjadi
dengan menambahkan informasi dari toko lain yang telah alredy diuji
untuk efektivitas.
Pada dasarnya sistem komputer didesain untuk mengikuti perintah kita,
dan sistem berfikir manusia didorongkan pada hati dan otak, 2 hal itu
bisa terpengaruh dari lingkungan keluarga, lingkungan sepermainan, dan
apa saja yang sudah dilakukan selama hidup.
Kekurangan.
Komputer membutuhkan perintah yang detail untuk menjalanakan program,
sehingga manusia harus belajar untuk mengoprasikan dan memaksimalkan
kinerja komputer.
Kelebihan.
Komputer dapat merealisasikan apa yang ada diimajinasi manusia kedalam
bentuk gambar video dll, dan untuk itu dibutuhkan program atau softwere,
untuk membuat program atau softwere manusia dituntut untuk lebih
belajar mendalami hal itu.
Sumber.
http://www.anneahira.com/arsitektur-komputer.htm
http://www.it-jurnal.com/2015/06/arsitektur-komputer.html
https://prezi.com/mtexjtmoaufh/komponen-komponen-arsitektur-komputer/
https://scholar.google.co.id/scholarq=human+cognitive+system&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart&sa=X&sqi=2&ved=0CBkQgQMwAGoVChMIleqkxvK6yAIVDh2OCh2hcQ60
Tidak ada komentar:
Posting Komentar