Etika digital media berdekatan dengan masalah etika, praktek yang
berbeda dan norma media berita digital. Media digital termasuk
jurnalisme online, blogging, foto jurnalistik digital, jurnalisme warga
dan media sosial. Ini termasuk pertanyaan tentang bagaimana jurnalisme
profesional harus menggunakan ini 'media baru' untuk penelitian dan
mempublikasikan cerita, serta bagaimana menggunakan teks atau gambar
yang disediakan oleh masyarakat. Sebuah revolusi media adalah mengubah,
fundamental dan tidak dapat ditarik kembali, sifat jurnalisme dan etika
nya. Sarana untuk mempublikasikan sekarang di tangan masyarakat,
sementara internet mendorong bentuk-bentuk baru jurnalisme yang
interaktif dan langsung.
Newsmakers menghadapi peningkatan persaingan untuk menutup semua cerita
yang bersangkutan dan mencapai sumber sebelum pesaing mereka. CNN dan
situs berita telah menggunakan dinding-dinding, cakupan 24 jam untuk
memastikan bahwa mereka dapat memberikan cerita untuk pembaca mereka /
pemirsa secepat itu terjadi. Bahayanya adalah kecepatan yang akan menang
atas akurasi, dan wartawan akan bertukar motif etis mereka sebagai
fakta-memeriksa pencari kebenaran untuk cinta melanggar cerita - cerita
apapun.
Namun, peningkatan persaingan juga menyebabkan beberapa organisasi
berita untuk membedakan diri dari outlet kurang bertanggung jawab dengan
menjadi lebih transparan tentang bagaimana mereka melakukan pekerjaan
mereka. Wartawan yang ingin mengatur artikel mereka terpisah sebagai
jujur dan komprehensif telah mulai memberikan akses publik ke sumber
mereka. Studi dilengkapi dengan margin of error, pernyataan yang
didukung oleh pendukung link web, dan anonimitas diberikan kepada sumber
dijelaskan secara menyeluruh.
Sementara beberapa wartawan beralih ke transparansi untuk membenarkan
klaim dalam laporan mereka, yang lain telah menggunakan bentuk yang
lebih ceroboh menulis, dijuluki "jurnalisme dari pernyataan." Banyak
blog dan e-zine independen, kurang rasa berurat berakar tugas untuk
kebenaran atau pembaca, telah mengembangkan gaya jurnalistik pendapat
berdasar. Ide-ide yang masih harus dibayar dan kemudian disajikan
kembali, tanpa memperhatikan asal atau faktualitas mereka.
Perubahan khalayak media berita
Proliferasi outlet berita berarti bahwa penonton dapat membaca dan
menonton berita mereka di berbagai saluran dan situs web. Dengan kata
lain, penonton media terfragmentasi. Tidak lagi melakukan mayoritas dari
Kanada duduk di malam hari untuk menonton satu atau dua siaran berita
TV utama. Orang mendapatkan berita diperbarui sepanjang hari, ketika
mereka menginginkannya. Mereka menjelajahi web untuk menemukan
cerita-cerita yang menarik perhatian mereka. Beberapa menggambarkan
penonton niche ini sebagai sabar, "remote control" penonton, yang ingin
informasi yang mereka sedang mencari tanpa penundaan dan tanpa tambahan,
unsought news.
Perubahan menantang dasar-dasar etika media. Tantangan berjalan lebih
dalam dari perdebatan tentang satu atau prinsip lain, seperti
objektivitas. Tantangannya lebih besar dari masalah-masalah tertentu,
seperti bagaimana newsroom dapat memverifikasi konten dari warga.
Revolusi menuntut kita untuk memikirkan kembali asumsi. Apa yang bisa
etika berarti untuk profesi yang harus memberikan berita instan dan
analisis; di mana setiap orang dengan modem adalah penerbit?
Revolusi media telah menciptakan ketegangan etis pada dua tingkat.
- Pada tingkat pertama, ada ketegangan antara jurnalisme tradisional dan jurnalisme online. Budaya jurnalisme tradisional, dengan nilai-nilai akurasi, verifikasi pra-publikasi, keseimbangan, imparsialitas, dan gerbang-menjaga, menggosok melawan budaya jurnalisme online yang menekankan kedekatan, transparansi, keberpihakan, wartawan non-profesional dan pasca-publikasi koreksi.
- Pada tingkat kedua, ada ketegangan antara paroki dan global jurnalisme. Jika jurnalisme memiliki dampak global, apa tanggung jawab global? Harus etika media merumuskan tujuan dan norma-norma sehingga untuk memandu jurnalisme yang sekarang dalam jangkauan global dan dampaknya? Apa yang akan yang terlihat seperti?
Tantangan bagi etika media hari ini dapat diringkas dengan pertanyaan:
Kemana etika dalam dunia multi-media, jurnalisme global? Etika media
harus melakukan lebih dari menunjukkan ketegangan ini. Secara teoritis,
harus menguraikan konflik antara nilai-nilai. Ini harus memutuskan mana
prinsip-prinsip yang harus dipertahankan atau diciptakan. Praktis, hal
itu harus memberikan standar baru untuk memandu online atau offline
jurnalisme.
Etika yang mendasari harus jelas-ketika Anda menggunakan ide-ide orang
lain asli atau kata-kata secara langsung, Anda harus mengutip sumber
Anda. Sayangnya, begitu banyak masyarakat yang biasanya bersalah
"pemikiran ceroboh" di daerah ini yang profesor harus memberikan masalah
perhatian khusus, meskipun mereka punya banyak lebih tidak.
CARA MENULIS YANG BAIK
- Gunakan bahasa yang sopan.
- Jangan berteriak-teriak. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (kekunci Caps Lock)dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan dan kurang ajar. Orang mungkin menganggap anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali. Anda tentu pergi sekolah dan belajar membuat karangan, jadi gunakan ilmu tersebut. Gunakan huruf besar dan kecil pada tempatnya, bukan huruf besar kesemuanya, ataupun ayat yang tunggang-terbalik.
- Kenali dengan siapa anda bicara Salah satu siasat perang Tzun Zu (atau Shin Zui ya? ) adalah “kenali dirimu dan kenali lawanmu maka kau akan selamat dalam pertempuran”. Mengenali lawan bicara kita akan membuat kita lebih berhati-hati dalam menulis. Jika belum mengenali siapa lawan bicara (atau lebih tepatnya lawan menulis ya?), gunakan bahasa yang umum. Tidak gaul dan sedikit resmi tidak masalah yang penting tidak menimbulkan masalah.
- Jangan lebay (berlebihan) Lebay adalah bahasa gaul yang saat ini sedang ngetrend. Berlebihan dalam memakai tanda baca dan huruf. Biasanya anak2 remaja yang menggunakan “teknik” ini. Entah biar gaul atau apa namanya. Yang mereka lakukan adalah mengkombinasi huruf dengan angka dan tanda baca sulit seperti ini: k4p4n l@g! m@3n c3 Z06za? (kapan lagi maen ke jogja?) 7@m b12apa? (jam berapa?) bagi sebagian orang mungkin menganggap paduan huruf dan simbol diatas membuat tulisan menjadi lebih menarik. Tapi dari pengalaman , tak sedikit pula orang yang uring-uringan mendapat SMS seperti diatas. Bisa rumit kalau urusan bisnis menggunakan teknik seperti di atas. Misalnya jika SMS berkaitan dengan nomor rekening dan jumlah uang yang perlu ditransfer, atau yang menuliskan kata atau kalimat yg diakhiri dengan simbol berlebihan. misal : - batuk pilek itu karena virus atau - kenapa ya bisa begitu, ini juga menurut saya mengganggu yang baca karena terkesan memaksa dan tidak sabaran dan tidak sopan juga sih
- Jangan asumsikan bahwa anda berhak mendapatkan jawaban.
- Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
- Jelaskan masalah anda secara detil berikut dengan data yang ada.
- Buat agar e-mail anda informatif dan tidak asal panjang lebar.
- Tulis pertanyaan anda dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak lain.
- Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan tebakan anda.
- Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.
- Jika ada yang menjawab dengan kasar, biarkan saja.
- Jangan tersinggung.
- Jangan posting ulang pertanyaan anda.
- Jangan melakukkan personal attack.
- Jangan menulis hal-hal yang berbau SARA dan Pornografi
Sumber :
https://www.e-education.psu.edu/writingpersonalstatementsonline/p1_p4.html
http://www.journalismethics.info/online_journalism_ethics/new_media_trends.htm
http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.tips/sopan-santun-dan-etika-menulis-email.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar